Image of Pranata Adat di Balik Pembangunan Desa, Tahun 2019.

Pranata Adat di Balik Pembangunan Desa, Tahun 2019.



Pembangunan desa 2019-2024 dimana 10.000 desa tertinggal menjadi berkembang dan 5.000 desa berkembang menjadi desa mandiri. Disisi lain SDM Unggulan di perdesaan juga akan berkontribusi besar terhadap terentaskannya 25 Kabupaten Tertinggal dari 62 Kabupaten tertinggal pada tahun 2024. Adapun profil pokok SDM Perdesaan 2017 adalah : jumlah angkatan kerja perdesaan sebesar 59 juta jiwa yang hanya 6% yang berpendidikan tinggi dan 19% berpendidikan sekolah menengah. Jadi terdapat 70% angkatan kerja di perdesaan yang pendidikannya sekolah dasar dan 5% angkatan kerja di perdesaan yang tidak sekolah.
Pranata Adat adalah :
1. Lembaga yang lahir dari nilai adat yang dihormati, diakui dan ditaati oleh masyarakat ( Pasal 1 angka 15 UU No.7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial )
2. Sistem tingkah laku sosial yang bersifat resmi sebagai norma yang mengatur tingkah laku dan seluruh perlengkapannya guna memenuhi berbagai kompleks kebutuhan manusia dalam masyarakat.
3. Norma/aturan dalam pranata berbentuk tertulis dan tidak pranata adat bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan dan kelengkapan.
Pranata Adat dalam Pengembangan Pariwisata Desa ( Desa Olean ) :
Untuk memahami bagaimana pranata adat dalam pengembangan pariwisata, dapat diamati fenomena di Desa Olean Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Desa Olean merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo dengan luas wilayah sebesar 3,76 km persegi. Jarak tempuh antara Pusat Pemerintahan Kabupaten Situbondo dengan Desa Olean berkisar 4,5 km. Untuk menuju Desa Olean, dari alun-alun kota Situbondo ditempuh 15 menit melalui jalur darat. Penduduk Desa Olean mayoritas beragama Islam dengan matapencaharian sebagai buru dan petani serta karyawan pabrik gula.
Kaitannya dengan pengembangan pariwisata, di Desa Olean ini terdapat sebuah dusun yang letaknya agak dalam di tengah-tengah persawahan yang dikenal luas dengan sebutan dusun " Karang Kenek ". Keunikan dari dusun Karang Kenek ini, selain lokasinya agak terisolir ditengah-tengah persawahan, terpisah dari sebagian besar dusun yang ada di Desa Olean adalah jumlah penduduk yang bermukim di dusun ini sejak dulu kala, selalu 26 Kepala Keluarga.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Pranata Adat di Balik Pembangunan Desa, Tahun 2019.
No. Panggil
R.11.B.5.
Penerbit Pusdatin dan Univ Mataram : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2019
Subyek
Info Detil Spesifik
156 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this