Image of Laporan Rencana Teknis Satuan Permukiman (RTSP) Lokasi : Lemban Tongoa SP.2, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2012.

Laporan Rencana Teknis Satuan Permukiman (RTSP) Lokasi : Lemban Tongoa SP.2, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2012.



Maksud dan Tujuan :
Maksud dari kegiatan Penyusunan RTSP Transmigrasi pada dasarnya adalah, Untuk mendukung pelaksanaan penyiapan lahan dan prasarana fisik di permukiman transmigrasi sehingga memenuhi kriteria Layak Huni, Layak Usaha dan Layak Berkembang. Kegiatan perencanaan ini merupakan salah satu sistem penyelenggaraan transmigrasi yang di dalam sub-sistem pengerahan dan pembinaannya. Bertujuan untuk mewujudkan kehidupan transmigran hingga pada tingkat perkembangan yang signifikan.
Tujuan Pelaksanaan Pekerjaan Studi Penyusunan RTSP ini adalah :
1. Memberikan arahan bagi pelaksana dan kemudahan dalam menyusun rencana teknis Tata Ruang Permukiman untuk pelaksanaan kegiatan penyiapan permukiman/pembangunan dan rencana pemberdayaan Unit Permukiman Transmigrasi yang terintegrasi dengan masyarakat/desa setempat.
2. Agar rencana pengembangan permukiman transmigrasi yang disusun telah sesuai/sinkron dengan rencana pengembangan daerah.
3. Pemanfaatan lahan dapat dilakukan secara optimal dan efisien tanpa mengabaikan aspek kelestarian lingkungan.
4. Pelaksanaan pembangunan permukiman transmigrasi (penyiapan lahan, bangunan dan sarana air bersih) dapat dilakukan secara terarah dan lancar.
5. Transmigran yang akan ditempatkan di permukiman tersebut dapat hidup secara layak, ditinjau dari aspek ekonomi dan sosial.
Letak Administratif :
Kabupaten Sigi merupakan bagian wilayah pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah, dengan ibukota Kabupaten terletak di Bora. Secara administrasi wilayah pemerintahn Kabupaten Sigi terdiri dari 12 wilayah kecamatan. Kecamatan Palolo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sigi dengan luas wilayah 303,87 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 27.386 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sejumlah 14.406 jiwa dan perempuan sejumlah 12.962 jiwa.
Aksesibilitas :
Pencapaian menuju ke lokasi studi, dari Jakrta - Palu ditempuh 3 jam dengan Pesawat Udara. Palu - Desa Tongoa berjarak 50 km ditempuh 1,5 jam dengan kendaraan Roda 4. Desa Tongoa - Desa Lemban Tongoa berjarak 12 km ditempuh 0,55 jam dengan kendaraan Roda 4. Desa Lemban Tongoa - Lemban Tongoa SP.1 berjarak 4 km ditempuh 0,25 jam dengan kendaraan Roda 4. Lemban Tongoa SP.1 - Lokasi Studi Lemban Tongoa SP.2 berhimpitan/bersebelahan.
Sumber Air Bersi :
1. Air Tanah Dangkal.
2. Air Tanah Dalam.
3. Air Permukaan/Air Sungai.
4. Air Hujan/Air Tadah Hujan.
Peruntukan Lahan dan Daya Tampung :
Peruntukan lahan yang dibuka adalah, Lahan Permukiman dan Pekarangan (LP), Lahan Usaha I, Lahan Usaha II, dan Fasilitas Umum. Dengan daya tampung sebanyak 200 KK.
Alokasi Lahan Untuk Transmigran :
1. Lahan Pekarangan seluas 0,1 Ha/KK.
2. Lahan Usaha I seluas 0,90 Ha/KK.
3. Lahan Usah II seluas 1,00 Ha/KK.
Klasifikasi Iklim di Daerah Studi :
Berdasarkan klasifikasi Oldeman, klasifikasi iklim di daerah studi termasuk zona agroklimat E2.
1. Bulan Basah ( curah hujan > 200 mm ) < 3 bulan dalam 12 bulan setahun. Januari, Februari dan Desember.
2. Bulan Kering ( curah hujan < 100 mm ) terjadi bulan Juli, Agustus, September dan Oktober.
Klasifikasi Tanah di Daerah Studi :
1. Kambisol Kromik.
2. Aluvial Distrik.
Fasilitas Umum :
Kantor UPT/Unit, Balai Pengobatan/Pustu, Balai Desa, Rumah Ibadah/Mesjid, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Gudang Penyimpanan, Kantor KUD, Lapangan Olah Raga, Rumah Kepala Unit, Rumah Petugas Unit, Rumah Kepala Sekolah, Rumah Guru, Rumah Penjaga Sekolah, Rumah Petugas Kesehatan, dan Lantai Jemur.
Pengembangan Pertanian/Bentuk Usaha Tani :
1. Tanaman Pangan : Padi Gogo, Jagung, Kacang Tanah, dan Ubi Kayu.
2. Tanaman Buah-Buahan : Alpukat, Durian, Nangka, Pepaya, dan Pisang.
3. Tanaman Obat-Obatan : Jahe, Kencur, Lengkuas, dan Sereh.
4. Tanaman Perkebunan : Kelapa, Kelapa Sawit, dan Kakao.
Ternak yang dipelihara adalah : Ayam, dan Kambing.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Laporan Rencana Teknis Satuan Permukiman (RTSP) Lokasi : Lemban Tongoa SP.2, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2012.
No. Panggil
R.19.C.11.
Penerbit Global Plan : Sigi, Sul-Teng.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
September 2012
Subyek
Info Detil Spesifik
180 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this