Image of Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Tinauka, WPP/SKP/SP : VII/B/1 dan 2, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2009.

Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Tinauka, WPP/SKP/SP : VII/B/1 dan 2, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2009.



Maksud dan Tujuan Studi :
Maksu dari penyusunan RTSP dan RTJ merupakan suatu kegiatan penelitian fisik, sosial dan ekonomi pada calon pemukiman transmigrasi dengan maksud antara lain :
1. Memberikan informasi mengenai calon lokasi.
2. Penyusunan RTSP dan RTJ diharapkan dapat mengantisifasikemungkinan terjadiny permasalahan-permasalahan dalam pengembangan calon lokasi atau kawasan pemukiman transmigrasi.
3. Hasil studi diharapkan menjadi dasar bagi pelaksanaan pembangunan fisik penyiapan lahan dan bangunan, penyediaan sarana air bersih, serta untuk menentukan arahan kegiatan lebih lanjut.
Adapun tujuan dari pekerjaan ini antara lain :
1. Menilai kelayakan fisik dan kesesuaian calon pemukiman transmigrasi lokasi Tinauka WPP/SKP/SP ; VII/B/1 dan 2.
2. Menyusun rencana tata ruang pemukiman yang terintegrasi melalui optimalisasi pemanfaatan ruang untuk pemukiman, prasarana dan sarana serta kegiatan usaha transmigran dengan menentukan blok-blok peruntukan Lahan Pekarangan, Lahan Usaha I, Lahan Plasma, Fasilitas Umum, Pusat Desa dan lain sebagainya.
3. Menyusun Rencana Teknis Jalan untuk memperoleh aksesibilitas tinggi bagi pengembangan pemukiman calon lokasi transmigrasi.
4. Menyusun arahan penyiapan pemukiman, usulan pengembangan pertanian serta penilaian kelayakan usaha transmigran yang akan ditempatkan.
Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya pemukiman transmigrasi yang layak huni, layak usaha, dan layak berkembang serta layak lingkungan.
Letak Administratif :
Secara administratif calon lokasi pemukiman transmigrasi Tinauka SP.1 dan 2 terletak kedalam wilayah Desa Minti Makmur, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.
Batas-Batas Lokasi Studi :
1. Sebelah Utara : Kuala Minti.
2. Sebelah Timur : Kawasan HPK.
3. Sebelah Selatan : Kuala Lariang, Kawasan HP.
4. Sebelah Barat : Dusun Tinauka, Kuala Poebongo.
Aksesibilitas :
Pencapaian menuju ke lokasi studi, dari Jakarta - Palu ditempuh 2,5 jam dengan Pesawat Udara, Palu - Donggala berjarak 50 km ditempuh 1 jam dengan kendaraan Bus, Donggala - Lalundu berjarak 205 km ditempuh 4 jam dengan kendaraan Bus, Lalundu - Minti Makmur berjarak 10 km ditempuh 0,5 jam dengan kendaraan Roda 4, Minti Makmur - Lokasi Studi berjarak 5 km ditempuh 1 jam dengan kendaraan Roda 2/Jalan Kaki.
Sumber Air Bersih :
1. Air Tanah Dangkal, kedalaman 5-8 m.
2. Air Permukaan/Air Sungai.
3. Air Hujan/Air Tadah Hujan.
Peruntukan Lahan dan Daya Tampung :
Berdasarkanperencanaan kebutuhan ruang bagi permukiman maka dari areal survei seluas 1.278,6 Ha. Sedangkan luas areal SP.1 adalah 641 Ha, dan luas areal SP.2 adalah 637,6 Ha.
Lahan yang dibuka adalah : Pusat Desa/FU, Lahan Pekarangan, Lahan Usaha I, Test Farm/Seed Farm, Sarana Olah Raga, Kuburan, Jalan Poros/Penghubung, Jalan Desa, dan Jalan Lahan.
Daya Tampung SP.1 sebanyak 250 KK dan SP.2 sebanyak 250 KK.
Alokasi Lahan Untuk Transmigran :
1. Lahan Pekarangan seluas 0,9 Ha/KK.
2. Lahan Usaha I seluas 0,05 Ha/KK.
3. Lahan Usaha II seluas 0,50 Ha/KK.
Klasifikasi Iklim di Daerah Studi :
Berdasarkan klasifikasi Oldeman, termasuk zona agroklimat E2.
1. Bulan basah ( curah hujan > 200 mm )
2. Bulan Kering ( curah hujan < 100 mm )
Klasifikasi Tanah di Daerah Studi :
1. Gleisol Eutrik.
2. Kambisol Gleik.
3. Kambisol Eutrik.
4. Podsolik Haplik.
5. Podsolik Kromik.
Fasilitas Umum :
Balai Desa, TK, SD, SLTP, SMU/SMK, Masjid, Musholah, Langgar, Gereja, Pura, Puskesmas, Pustu, Polindes, Pos KB, Pasar, Toko, Kios, Warung, Bengkel, Industri dan kecil/besar.
Pengembangan Pertanian/Bentuk Usaha Tani :
1. Tanaman Pangan : Padi Sawah, Jagung, Ubi Jalar, Kacang Tanah, Kacang Kedelai, Kacang Hijau, dan Ubi Kayu.
2. Tanaman Perkebunan : Kelapa Sawit, Coklat, Kopi, Kelapa, Cengkeh, dan Lada.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Tinauka, WPP/SKP/SP : VII/B/1 dan 2, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Tahun 2009.
No. Panggil
R.19.C.5.
Penerbit CV. Maha Karya Konsultan : Dongala, Sul-Teng.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2009
Subyek
Info Detil Spesifik
153 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this