Image of Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) Tahap III-A dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Pematang Panggang, WPP/SKP/SP : XXII/G/4, Provinsi Sumatera Selatan, Tahun 1992/1993.

Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) Tahap III-A dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Pematang Panggang, WPP/SKP/SP : XXII/G/4, Provinsi Sumatera Selatan, Tahun 1992/1993.



Maksud dan Tujuan Studi :
Mengidentifikasi potensi lahan yang ada di daerah survei, khususnya potensi untuk lahan pekarangan dan plasma. Hasil akhir dari identifikasi potensi ini berupa Rencana Teknis Satuan Pemukiman yang meliputi : Desain Rencana Peruntukan Lahan ( Tata Ruang. Rencana Teknis Jalan Penghubung/Poros, Rencana Pengadaan Sumber Air dan Rencana Pengembangan Pertanian ).
Hasil studi dapat dijadikan pedoman penyiapan lahan dan bangunan ( Pembukaan lahan, Pembangunan rumah, Pembangunan jalan dan Pembangunan fasilitas umum ). Sehingga tingkat kesalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan lapangan akan ditekan seminimal mungkin dan pada akhirnya hasil dari RTSP, Transmigrasi dapat manfaatkan secara optimal.
Tujuannya adalah :
Dengan perencanaan RTSP Tahap III-A dan RTJ secara menyeluruh dan terpadu, diharapkan dapat menghasilkan suatu unit pemukiman yang layak huni, nyaman, aman dan mempunyai prospek pengembangan pertanian yang baik untuk meningkatkan taraf hidup Transmigran.
Letak Administratif :
Daerah studi secara administratif termasuk ke dalam wilayah Desa Embacang, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komiring Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. dengan Pola Usaha Tani Perkebunan (PIR-Trans).
Batas-Batas Daerah Studi adalah :
1. Sebelah Utara : Berbatasan dengan SKP.G2 Bumi Makmur.
2. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan SP.3 Kemang Mataram/S. Rotan.
3. Sebelah Barat : Berbatasan SKP. G3 Kerta Mukti/ LU. II.
4. Sebelah Timur : Berbatasan dengan Dusun I/II Desa Embacang dan S. Dabuk.
Aksesibilitas :
Pencapaian menuju ke lokasi studi, dari Jakarta - Palembang ditempuh 1 jam dengan Pesawat Udara, Palembang - Kayu Agung berjarak 68 km ditempuh 90 menit dengan kendaraan Mikro Bis, Kayu Agung - Talang Pangeran berjarak 14 km ditempuh 15 menit dengan kendaraan Mikro Bis, Talang Pangeran - Lubuk Siberuk berjarak 45 km ditempuh 45 menit dengan kendaraan Mikro Bis, Lubuk Siberuk - Simpang Desa Sungai Belida berjarak 9 km ditempuh dengan kendaraan Mikro Bis, Simpang Desa Sungai Belida - Lokasi SP.4 berjarak 23 km ditempuh 45 menit dengan kendaraan Mikro Bis, Lokasi SP.4 - Pematang Panggang berjarak 68 km ditempuh 90 menit dengan kendaraan Mikro Bis.
Sumber Air Bersih :
1. Air Tanah Dangkal, kedalaman 5-8 m.
2. Air Permukaan/Air Sungai
3. Air Hujan/Air Tadah Hujan.
Peruntukan Lahan dan Daya Tampung :
Luas areal perencanaan 1550 Ha, dari luas studi terdapat lahan hutan rawa 486,5 Ha, kemudian lahan yang sudah ditanami Kelapa sawit seluas 704,5 Ha, dan hutan sekunder seluas 130,5 Ha. Dengan demikian, lahancalon untuk Pekarangan seluas 238,5 Ha dan semua fasilitas umum, maka Daya Tampung lokasi studi SP.4 sebanyak 306 KK.
Alokasi Lahan Transmigran :
1. Lahan Pekarangan seluas 0,45 Ha/KK
2. Lahan Plasma seluas 2,00 Ha/KK.
Klasifikasi Iklim di Daerah Studi :
Menurut klasifikasi Oldeman, daerah studi termasuk zona agroklimat C2.
1. Bulan basah (curah hujan > 200 mm/bulan) berturut-turut lebih dari 5 bula.
2. Bulan kering (curah hujan < 100 mm/bulan) berturut-turut kurang dari 4 bulan.
Klasifikasi Tanah di Daerah Studi :
1. Gleisol Distrik, Berliat halus, drainase terhambat, reaksi tanah masam.
2. Kambisol Kromik, Berliat halus, drainase baik, reaksi tanah masam.
3. Kambisol Distrik, Berliat halus, drinase baik, reaksi tanah masam.
Fasilitas Umum :
Kantor/Balai Desa, Balai Pengobatan, Gudang Pupuk, Gudang Beras, Sekolah Dasar, Rumah Ibadah, Rumah Kepala Unit/Desa, Rumah Petugas, Rumah Perawat, Rumah Kepala Sekolah, Rumah Guru, Rumah Penjaga Sekolah, Lapangan, Kantor/Gudang KUD, Pasar dan Toko, Lantai Pengeringan, dan Taman Kanak-Kanak.
Pengembangan Pertanian/Bentuk Usaha Tani :
1. Tanaman Pangan : Padi Sawah, Padi Ladang, Kacang Tanah, Jagung, Ubi Kayu, dan Kacang Kedelai.
2. Tanaman Sayur : Kacang Panjang, Terong, Mentimun, dan Bayam.
3. Tanaman Buah-Buahan : Nangka, Pisang, dan Nanas.
4. Tanaman Perkebunan : Kelapa Sawit, Karet, Kelapa, dan Coklat.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Laporan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) Tahap III-A dan Rencana Teknis Jalan (RTJ) Lokasi : Pematang Panggang, WPP/SKP/SP : XXII/G/4, Provinsi Sumatera Selatan, Tahun 1992/1993.
No. Panggil
R.19.B.3.
Penerbit PT. Indemeco : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Pebruari 1993
Subyek
Info Detil Spesifik
246 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this