Image of Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Papua Barat, Tahun 2018.

Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Papua Barat, Tahun 2018.



Tujuan dan Sasaran :
Tujuan Kegiatan ini adalah :
1. Menganalisis data dan informasi tentang dinamika perkembangan status desa berdasarkan dimensi Indeks Desa Membangun [ IDM ].
2. Menganalisis data dan informasi tentang pemanfaatan Dana Desa terkait dengan status perkembangan desa, peningkatan kesejahteraan, dan lembaga ekonomi desa.
3. Menganalisis data inovasi desa dalam meningkatkan pemanfaatan Dana Desa.
4. Menyusun rekomendasi penggunaan inovasi pembangunan desa dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan Dana Desa.
Sasaran Kegiatan ini adalah :
Sasaran dari kegiatan penyusunan data dan informasi tentang manfaat Dana Desa ini adalah 5 kampung yang berada di Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat yaitu : Kampung Sidomulyo Distrik Oransbari, Kampung Tobou Distrik Ransiki, Kampung Demini Distrik Momi Waren, Kampung Benyas Distrik Neney, dan Kampung Reyob Distrik Tahota.
Penggunaan Dan Pemanfaatan Dana Desa.
A. Penggunaan Dana Desa di Kampung Sidomulyo :
1. Bidang Pembangunan Desa :
Pemanfaatan belanja Desa Sidomulyo untuk Bidang Pembangunan Desa sebagai besar dari Dana Desa (APBN).
dari hasil wawancara menunjukan bahwa sejak tahun 2015-2017 Dana Desa dimanfaatkan untuk pembangunan insfrastruktur, seperti hamparan jalan, drainase (parit), dan gotong royong.
2. Bidang Pembangunan Ekonomi :
Bidang Pembangunan Ekonomi di Kampung Sidomulyo untuk tahun 2018 dilaksanakan dengan memanfaatkan alokasi dana kampung (APBD). Salah satu pembangunan dalam bidang Ekonomi yang ada adalah terbentuknya Bumdes di Kampung Sidomulyo.
3. Bidang Pembangunan Sosial :
Bidang Pembangunan Sosial, pelaksanaannya berasal dari alokasi dana kampung (APBD). Pembangunan Bidang Sosial yang dilaksanakan di Kampung Sidomulyo, diantaranya adalah pembinaan pemuda dan olahraga, pembinaan kerukunan antar umat beragama, dan pembinaan organsasi perempuan/PKK.
4. Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat :
Pembangunan bidang Kesejahteraan Masyarakat di Kampung Sidomulyo dananya berasal dari alokasi dana Kampung (APBD). Pembangunan bidang kesejahteraan masyarakat di Kampung Sidomulyo, diantaranya adalah pembentukan kelompok usaha tani dan pelatihan berwirausaha.
B. Pemanfaatan Dana Desa di Kampung Tobou :
1. Bidang Pembangunan Desa :
Anggaran Bidang Pembangunan Desa di Kampung Tobou, berasal dari dana desa yang digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur di Kampung Tobou adalah sarana sanitasi dan kebersihan lingkungan. yaitu pembuatan sumur gali sebanyak 22 unit, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan seperti pembangunan jamban sebanyak 21.
2. Bidang Pembangun Ekonomi :
bidang Pembangunan Ekonomi belum mendapatkan perhatian di Kampung Tobou. aparat kampung maupun masyarakat kampung lebih mementingkan pembangunan infrastruktur kampung.
3. Bidang Pembangunan Sosial :
bidang Pembangunan Sosial juga belum mendapat perhatian di Kampung Tobou.
4. Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyakarat :
Pembangunan pada bidang Kesejahteraan Masyarakat belum dilakukan di Kampung Tobou.
C. Pemanfaatan Dana Desa di Kampung Demini
1. Bidang Pembangunan Desa :
Bidang Pembangunan Desa berasal dari dana desa yang digunakan untuk kegiatran pembangunan Jalan Desa, yaitu jalan rabat beton sepanjang 100 m, pembangunan rumah 6x7 meter persegi sebanyak 2 unit, pembangunan PAUD 9x6 meter persegi sebanyak 1 unit.
2. Bidang Pembangunan Ekonomi :
pembangunan pada bidang Ekonomi belum mendapat perhatian dari aparat kampung maupun masyarakat kampung, fokus mereka di pembangunan infrastruktur.
3. Bidang Pembangunan Sosial :
Bidang Pembangunan Sosial masyarakat Kampung Demini tidak terlalu tertarik untuk melakukannya, karena masyarakat Kampung Demini menginginkan pembangunan infrastruktur karena minimnya fasilitas yang ada di kampung mereka.
4. Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat :
Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat belum ada terobosan untuk membentuk lembaga seperti Bumdes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
D. Pemanfaatan Dana Desa di Kampung Benyas :
1. Bidang Pembangunan Desa
Dana Desa peruntukannya untuk pembangunan infrastruktur, diantaranya kegiatan pembangunan sarana dan prasarana fisik sosial.
2. Bidang Pembangunan Ekonomi :
Bidang Pembangunan Ekonomi belum mendapatkan perhatian dari aparat kampung maupun masyarakat secara umum, fokus mereka pada pembangunan infrastruktur.
3. Bidang Pembangunan Sosial :
Bidang Pembangunan Sosial masyarakat kampung Benyas tidak terlalu tertarik, karena masyarakat menginginkan hanya pembangunan fisik saja.
4. Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat :
Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat belum mendapat perhatian masyarakat Kampung Benyas.
E. Pembangunan Dana Desa di Kampung Reyob :
1. Bidang Pembangunan Desa :
Bidang pembangunan desa berasal dari Dana Desa yang digunakan untuk kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Fisik Kantor.
2. Bidang Pembangunan Ekonomi :
Bidang pembangunan ekonomi belum mendapat perhatian dari aparat kampung maupun masyakarat kampung, fokus mereka pada pembangunan infrastruktur.
3. Bidang Pembangunan Sosial :
Bidang Pembangunan Sosial berupa kegiatan pengelolaan dan pelayanan pendidikan dan kebudayaan, yaitu bantuan beasiswa anak sekolah.
4. Bidang Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat :
Bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dilaksanakan di kampung ini adalah berupa kegiatan pemberdaan Posyandu, UP2K, dan BKB.
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan diskusi yang dilakukan dalam rangka penyusunan Data dan Informasi tentang meanfaat Dana Desa di Kabupaten Manokwari Selatan, dapat diambil beberapa kesimpulan sementara sebagai berikut :
1. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Kabupaten Manokwari Selatan belum berdampak pada peningkatan Status Desa, tetapi sebagian besar masyarakat setuju bahwa Dana Desa mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan masyakarat.
2. Warga masyarakat Desa Sidomulyo tidak setuju jika Status Desa dari kampung mereka menurun dari Desa Maju menjadi Desa Berkembang.
3. Kepala Kampung sebagai Kuasa Pengguna Anggaran Dana Desa, mempunyai Hak Preogratif untuk melakukan perubahan tentang prioritas pemanfaatan Dana Desa yang telah ditetapkan dalam Musrembang Kampung.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Papua Barat, Tahun 2018.
No. Panggil
R.11.A.32.
Penerbit Universitas Papua : Manokwari.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
92 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this