Image of Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Kalimantan Utara, Tahun 2018.

Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Kalimantan Utara, Tahun 2018.



Maksud, Tujuan, dan Hasil :
Maksud Kegiatan ini adalah :
1. Tersedianya data dan informasi tentang proses dan alasan pemanfaatan dana desa di Kabupaten Nunukan.
2. Tersedianya data dan informasi serta integrasi data untuk meningkatkan kualitas policy decision.
Tujuan Kegiatan ini adalah :
1. Menganalisis data dan informasi dinamika perkembangan status desa berdasarkan dimensi Indeks Desa Membangun [ IDM ] di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
2. Menganalisis data dan informasi pemanfaatan dana desa terkait dengan status perkembangan desa, peningkatan kesejahteraan, dan lembaga ekonomi di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
3. Menganalisis data inovasi desa dalam meningkatkan pemanfaatan dana desa di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
4. Menyusun rekomendasi penggunaan inovasi pembangunan desa dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan dana desa di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.
Hasil Kegiatan ini adalah :
1. Data dan Informasi tentang proses bagaimana dan informasi mengapa terwujud kondisi pemanfaatan dana desa di Provinsi Kalimantan Utara, yang terkait dengan status perkembangan desa berdasarkan kategori IDM, sekaligus bermanfaat sebagai evidence based kebijakan Inovasi Desa mengonfirmasi hasil pelaksanaan kegiatan melalui workshop manfaat dana desa.
2. Data dan Informasi tentang proses dan alasan pemanfaatan dana desa untuk pelaksanaan prioritas pembangunan di tingkat desa.
3. Sebagai masukan untuk penyusunan bahan kebijakan pengembangan inovasi pembangunan desa. Penggunaan Dana Desa di Desa Sungai Nyamuk :
Bidang pembangunan desa di 5 desa terpilih di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.
1. Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur, Status Desa Mandiri, IDM 0,8363.
Alokasi Dana Desa Rp 860.923.000. Pada Tahun 2015 Status Desa Maju. Tahun 2018 Status Desa menjadi Desa Mandiri.
2. Pemanfaatan Dana Desa di Desa Lapri :
Alokasi Dana Desa Rp 846.448.090. Pada Tahun 2015 Status Desa Tertinggal, Tahun 2018 Status Desa menjadi Desa Maju.
Adapun pemenfaatan dana desa untuk Pembangunan Desa di Desa Lapri, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara dipergunakan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang pengembangan desa, pembangunan ekonomi seperti kegiatan penyertaan modal BUMDes, kegiatan pelayanan sosial, kegiatan kesejahteraan masyarakat Desa Lapri.
3. Pemanfaatan Dana Desa di Desa Bukit Aru Indah :
Adapun pemanfaatan dana desa untuk pembangunan desa di Desa Bukit Aru Indah, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara dipergunakan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang pengembangan desa.
Alokasi Dana Desa Rp 845.189.000. Pada Tahun 2015 Status Desa Berkembang, Tahun 2018 Status Desa masih tetap Desa Berkembang. Pemanfaatan Dana Desa adalah untuk Kegiatan Pembangunan Desa, Kegiatan Pengembangan Ekonomi, Kegiatan Pelayanan Sosial Desa Bukit Aru Indah.
4. Pemanfaatan Dana Desa di Desa Padaidi :
Adapun pemenfaatan dana desa untuk pembangunan desa di Desa Padaidi, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
Alokasi Dana Desa Rp 689.812.000. Pada Tahun 2015 Status Desa Tertinggal, Tahun 2018 Status Desa tetap Desa Tertinggal.
Pemanfaatan Dana Desa digunakan untuk, Kegiatan Pembangunan Desa, Kegiatan Pengembangan Ekonomi, Kegiatan Pelayanan Sosial, dan Kegiatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Padaidi.
5. Pemanfaatan Dana Desa di Desa Seberang :
Adapun pemanfaatan dana desa untuk pembangunan desa di Desa Seberang, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
Alokasi Dana Desa Rp 797.958.000. Pada Tahun 2015 Status Desa Tertinggal, Tahun 2018 Status Desa menjadi Desa Maju.
Pemanfaatan dana desa untuk, Kegiatan Pembangunan Desa, Kegiatan Pengembangan Ekonomi, Kegiatan Pelayanan Sosial, dan Kegiatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Seberang.
Kesimpulan :
1. Status perkembangan 235 desa yang terdapat di Kabupaten Nunukan pada tahun 2015 adalah, 191 Desa Sangat Tertinggal, 28 Desa Tertinggal, 13 Desa Berkembang, 2 Desa Maju, dan 1 Desa Mandiri. Pada tahun 2018 terjadi perkembangan status desa menjadi, 79 Desa Sangat Tertinggal, 128 Desa Tertinggal, 21 Desa Berkembang, 5 Desa Maju, dan 2 Desa Mandiri.
2. Pemanfaatan dana desa guna menunjang status perkembangan desa telah terlaksana di mana terjadi perubahan yang signifikan pada status perkembangan desa terutama di Kabupaten Nunukan. Perubahan status desa yang mencolok terutama pada jumlah desa sangat tertinggal yang sangat menurun dan terjadi peningkatan status desa pada katagori desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri. Pemanfaatan dana desa terhadap peningkatan kesejahteraan dan lembaga ekonomi telah terlaksana pada keempat desa.
3. Kegiatan program inovasi desa yang telah terlaksana di 5 desa yang ada di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan meliputi 3 kegiatan yakni, Pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan meliputi kegiatan pendirian dan penyertaan modal badan usaha milik desa (BUMDes) yang bergerak di berbagai bidang, dan pemanfaatan bahan lokal menjadi produk unggulan desa.
Peningkatan SDM melalui berbagai kegiatan pelatihan, sosialisasi, dan bimbingan teknis. Kegiatan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan guna menunjang perekonomian dan sosial masyarakat desa, melalui kegiatan pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan, sarana jalan, dan jembatan.
4. Perencanaan program inovasi desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 telah tersusun dalam bentuk kartu komitmen desa dan telah disepakati oleh para kepala desa. Kegiatan yang telah di susun meliputi tiga kegiatan program inovasi desa, yakni pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan SDM, dan kegiatan pemenuhan dan peningkatan infrstruktur perdesaan guna menunjang perekonomian dan sosial masyarakat desa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Kalimantan Utara, Tahun 2018.
No. Panggil
R.11.A.27.
Penerbit Universitas Borneo Tarakan : Tarakan, Kalut.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
120 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this