Image of Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Sulawesi Utara, Tahun 2018.

Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Sulawesi Utara, Tahun 2018.



Tujuan dan Sasaran :
Tujuan dari Kegiatan ini adalah :
1. Menganalisis data dan informasi dinamika perkembangan status desa berdasarkan dimensi Indeks Desa Membangun [ IDM ].
2. Manganalisis data dan informasi pemanfaatan Dana Desa terkait dengan status perkembangan desa, peningkatan kesejahteraan, dan lembaga ekonomi desa.
3. Menganalisis data inovasi desa dalam meningkatkan pemanfaatan dana desa.
4. Menyusun rekomendasi penggunaan inovasi pembangunan desa dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan Dana Desa. Penggunaan Dan Pemanfaatan Dana Desa.
Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pembangunan Desa di Desa Tounelet Satu :
Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kecamatan Sonder, Desa Tounelet Satu dengan alokasi dana desa sebesar Rp 637.450.000 telah melakukan beberapa kegiatan pemanfaatan dana desa di bidang pembangunan desa.
Kegiatan tersebut adalah, Pekerjaan galian tanah menggunakan alat ekskavator, Pekerjaan pengerasan jalan lapis sirtu di jalan perkebunan paparan/jalan mapaso jaga III, Pekerjaan Gorong-gorong/platdeuker, Pekerjaan drainase dan pemasangan lampu jalan (LED). Manfaat yang didapat oleh masyarakat Desa Tounelet memperlancar akses jalan dari dan menuju perkebunan warga, dan mempermudah warga untuk membawa hasil kebun dari perkebunan. Selain itu dikarenakan sebagian besar masyarakat Desa Tounelet Satu adalah peternak babi, perbaikan/pembangunan jalan yang telah dilakukan membantu memperlancar akses mobil/truk angkutan ternak untuk dijual ke pasar atau diangkut untuk dijual ke luar desa.
Desa Tateli :
Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa dengan alokasi dana desa di tahun 2018 sebesar Rp 642.546.000 telah melakukan beberapa program dibidang pembangunan desa. Kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan antara lain, Pekerjaan paving block, Pekerjaan saluran drainase, Pekerjaan pengerasan jalan lapis sirtu dan Pekerjaan plat duicker.
Manfaat dari pembangunan ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, yaitu mempersingkat waktu tempuh dan memperlancar transportasi kendaran yang melewati jalan desa, dari dan menuju pemukiman warga. Pekerjaan saluran drainase juga berguna untuk pencegahan bencana banjir yang pernah terjadi pada tahun 2014.
Desa Warembungan :
Pemanfaatan dana desa di Desa Warembungan di bidang pembangunan desa tahun 2018 telah dilaksanakan berbagai macam pekerjaan. Dana Desa tahun 2018 di Desa Warembungan sebesar Rp 741.686.000 telah digunakan untuk pembangunan seperti, Pekerjaan galian tanah menggunakan alat, Pekerjaan saluran drainase, Pekerjaan plat duicker, Pekerjaan Talud semi gravitasi, Pekerjaan perkerasan jalan lapsi sirtu. Pekerjaan pembangunan di Desa Warembungan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa, contohnya pada pekerjaan saluran drainase yang mampu memperbaiki kondisi jalan desa yang selalu terendam air dikarenakan mata air sering merendam bagian jalan dan merusak aspal jalan desa.
Desa Karor :
Dalam bidang pembangunan desa, pemanfaatan dana desa di Desa Karor adalah dengan membuka jalan akses kke perkebunan masyarakat dan pembangunan jembatan untuk mempermudah akses masyarakat membawa hasil pertanian dari kebun ke pusat desa.
Desa Pineleng Dua Indah :
Desa Pineleng Dua Indah, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa dengan alokasi dana desa tahun 2018 sebesar Rp 643.097.000 telah melakukan kegiatan pemanfaatan dana desa salah satunya di bidang pembangunan desa. Alokasi pembangunan desa dari dana desa yang diperoleh oleh Disa Pineleng Dua Indah sebesar Rp 621.318.100, Adapun kegiatan yang dilakukan adalah Pekerjaan pembangunan talud penahan tanah, Pekerjaan pembangunan jalan paving stone. Manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat di Desa Pineleng Dua Indah ini adalah kemudahan dan kelancaran akses jalan dari dan menuju rumah-rumah warga dan transportasi warga.
Kesimpulan :
1. Secara umum dari 5 desa yang diambil sebagai sampel penelitian, dana desa masih dimanfaatkan sebagian besar untuk pembangunan sarana prasarana fisik, seperti jalan, jembatan, dan saluran drainase.
2. Informasi tentang status desa sering tidak sampai kepada pemerintah desa (hukum tua).
3. Karena keterbatasan SDM maka sering ide untuk pemanfaatan dana desa tidak bersifat inovatif.
4. Intervensi pemerintah kabupaten menyebabkan berubahnya prioritas pembangunan di desa sehingga tidak sesuai lagi dengan rencana awal yang telah disusun oleh pemerintah desa melalui musyawarah desa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Data dan Informasi, Manfaat Dana Desa, Di Provinsi Sulawesi Utara, Tahun 2018.
No. Panggil
R.11.A.21.
Penerbit Universitas Sam Ratulangi : Manado.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
158 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this