Image of Manfaat Dana Desa Di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.

Manfaat Dana Desa Di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.



Penggunaan Dan Pemanfaatan Dana Desa :
Dana Desa digunakan untuk bidang pembangunan desa/infrastruktur, pengembangan ekonomi, pembangunan sosial, dan bidang kesejahteraan masyarakat.
Penggunaan Dana Desa di Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Desa Kajian :
1. Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pembangunan Desa.
2. Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pembangunan Desa di Provinsi Sumatera Selatan.
3. Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pembangunan Desa di Kabupaten Ogan Komiring Ilir.
4. Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pembangunan Desa di Desa Kajian.
5. Penggunaan Dana Desa Menurut Bidang Pengembangan Ekonomi
6. Penggunaan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat.
7. Penggunaan Dana desa Menurut Bidang Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kajian.
Secara Detail Perubahan Peningkatan Nilai IDM Menurut Tipologi Desa Kajian adalah sebagai berikut :
1. Desa Pulau Gemantung Darat :
Desa ini tidak mengalami perubahan status desa, pada tahun 2015 terkatagori sangat tertinggal dan tetap tergolong sangat tertinggal. Namun demikian bila dilihat dari nilai IDM, desa tersebut mengalami peningkatan dari 0,4674 menjadi 0,5771. Sub dimensi IKS (sarana kesehatan) mengalami perubahan terutama pada sub dimensi akses ke pusat pelayanan kesehatan sedangkan sub dimensi sarana pendidikan terjadi perubahan yang lebih baik pada kegiatan PAUD, dan mulai tersedianya Paket Kegiatan Belajar dan Mengajar (paket A, B, dan C ). Peningkatan nilai IDM pada sub dimensi yang menjadi prioritas alokasi Dana Desa.
2. Desa Lubuk Ketepeng :
Desa Lubuk Ketepeng mengalami perubahan status dari desa sangat tertinggal menjadi tertinggal. Desa Lubuk Ketepeng menunjukan sebesar 70% masyarakat merasa puas terhadap tersedianya MCK dan 100% menganggap pembangunan MCK sangat bermanfaat.
3. Desa Sedyo Mulyo :
Desa Sedyo Mulyo merupakan desa belum mengalami perubahan status, desa ini masih tetap terkatagori desa berkembang, akan tetapi nilai IDM mengalami peningkatan.
Sub dimensi yang mengalami peningkatan adalah tersedianya akses air bersih dan air minum layak. Pembuatan sumur bor telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Dana Desa melalui BUMDesa diperuntukan untuk perpipaan sehingga air dapat mengalir ke rumah masyarakat.
4. Desa Muara Burnai II :
Kontribusi Dana Desa terhadap perubahan status di Desa Muara Burnai dapat ditelusuri dari peningkatan indikator pembentuk IDM. Peningkatan dengan tersedianya akses yang lebih baik ke fasilitas kesehatan, aspek modal sosial adanya ruang publik terbuka bagi masyarakat ikut memberi andil pada peningkatan status desa.
5. Desa Tugumulyo :
Desa Tugumulyo mengalami perubahan dari desa maju menjadi desa mandiri, Alokasi Dana Desa yang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur berdampak pada mudahnya akses bagi masyarakat.
Akses ke lahan pertanian sudah baik akibatnya ada penurunan biaya produksi bagi petani yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan petani.
Kesimpulannya adalah :
1. Perubahan status desa di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan nilai Indeks Desa Membangun secara umum menunjukkan :
a. Adanya penurunan desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal.
b. Adanya kenaikan desa berstatus berkembang, maju dan mandiri
Desa dengan status sangat tertinggal sampai tahun 2018 tersisa 180 desa, sedangkan desa dengan status tertinggal sebanyak 350 desa. Desa maju sebanyak 51 desa, dan desa mendiri sebanyak 1 desa.
2. Perkembangan status desa di tingkat Kabupaten OKI menunjukkan hal serupa, pada tahun 2018 desa dengan status sangat tertinggal tersisa 23 desa, desa tertinggal turun menjadi 173 desa. Disamping itu desa status berkembang mengalami peningkatan menjadi 107 desa, desa maju menunjukkan peningkatan yang sangat tajam dari 1 desa menjadi 10 desa, dan 1 desa mandiri.
3. Alokasi Dana Desa di Provinsi Sumatera Selatan masih cenderung digunakan untuk pembangunan infrastruktur selama 2015 - 2018 yaitu rata-rata sebesar 73,46%, bidang pembangunan sosial rata-rata sebesar 16,24%, pembangunan ekonomi sebesar 5,4% dan bidang kesejahteraan rata-rata sebesar 4,85% tren yang sama terjadi juga di Kabupaten OKI.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Manfaat Dana Desa Di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.
No. Panggil
R.11.A.8.
Penerbit Universitas Sriwijaya : Inderalaya, Sum-Sel.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2018
Subyek
Info Detil Spesifik
267 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this