Image of Kajian Padat Karya Tunai Di Desa, Tahun 2019.

Kajian Padat Karya Tunai Di Desa, Tahun 2019.



Kesimpulan Kajian Padat Karya Tunai Di Desa :
1. Program Padat Karya Tunai sudah diimplementasikan di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Demak dengan persentase Dana Desa sebesar 30 persen di Kabupaten Banjar dan 20-30 persen di Kabupaten Demak.
2. Pencapaian sasaran Program PKTD di kedua kabupaten umumnya belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan tidak optimalnya manfaat program PKTD bagi peningkatan produktivitas kerja, terbatasnya peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja bagi kelompok sasaran. Pencapaian sasaran yang sudah optimal hanya pada peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan akses pada pelayanan dasar, dan peningkatan akses ekonomi di sebagian lokasi.
3. Implementasi Program PKTD juga memiliki ekses pada penurunan budaya gotong royong, menurunkan budaya kerja dengan target, dan dikhawatirkan dapat menurunkan kualitas fisik yang dihasilkan.
Pelaksanaan Pembangunan Desa Dengan Pola Padat Karya Tunai :
Dalam rangka pennggulangan kemiskinan di desa, dana desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program PKT (Kepmendesa 16/2019 pasal 8) untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat desa yang menganggur, setengah menganggur, keluarga miskin dan stunting. Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.
Dalam Pelaksanaan PKTD (Padat Karya Tunai Desa) Ada 4 Prinsip Yang Harus Diperhatikan Yaitu :
1. Prinsip Pelaksanaan Padat Karya.
2. Padat Karya Tunai Untuk Penanggulangan Kemiskinan.
3. Manfaat Padat Karya Tunai.
4. Dampak Padat Karya Tunai.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Kajian Padat Karya Tunai Di Desa, Tahun 2019.
No. Panggil
R.5.A.56.
Penerbit Puslitbang, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
93 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this