Image of Strategi Intervensi Penguatan Badan Usaha Milik Desa, Tahun 2019.

Strategi Intervensi Penguatan Badan Usaha Milik Desa, Tahun 2019.



Kabupaten Badung, Provinsi Bali :
Letak Kabupaten Badung di bagian selatan Provinsi Bali. Luas wilayah Kabupaten Badung 418,52 km2 atau sekitar 7,43% dari daratan Pulau Bali. Kabupaten Badung terbagi atas 6 wilayah Kecamatan dan 62 Desa/Kelurahan.
Di Kabupaten Badung BUM Desa diklasifikasikan dalam 4 kategori yaitu dasar, tumbuh, berkembang dan maju.
Indikator yang digunakan untuk mengetahui perkembangan BUM Desa adalah kelembagaan, aturan/legalitas, usaha BUM Desa, adiministrasi, pelaporan dan pertanggung jawaban, permodalan, aset, dan dampak BUM Desa terhadap Masyarakat Desa.
Kabupaten Gunungkiduk, Provinsi D.I. Yogyakarta :
Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi D.I. Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 kecamatan 144 desa/kelurahan, 1416 dusun, 1583 RW dan 6844 RT (BPS 2018). Wilayah kabupaten ini terhampar di dataran yang bergunung dan berbukit. Sebagian besar wilayah ini berupa perbukitan kapur. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau.
Jumlah penduduk Kabupaten Gunungkidul tahun 2017 berjumlah 729.364 jiwa dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Wonosari dengan 85.063 jiwa.
Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi dalam bidang pariwisata berupa wisata pegunungan, agrowisata pertanian, dan juga pantai. Gunungkidul yang layak menjadi pertumbuhan berdasarkan struktur ekonomi adalah kecamatan yang berada pada klasifikasi sebagai kecamatan maju dan berkembang cepat dimana terdiri 4 kecamatan.
Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur :
Kabupaten Malang merupakan wilayah yang kaya akan potensi. Luas wilayahnya yang mencapai 3.353 km2 menjadikan Kabupaten Malang sebagai Kabupaten ke 3 terbesar di Tanah Air setelah Kabupaten Banyuwangi dan Sukabumi.
Secara administratif, Kabupaten Malang terdiri atas 33 kecamatan, 12 kelurahan, yang dibagi menjadi 378 desa, 3.183 dusun. Pusat pemerintahan Kabupaten Malang berada di Kecamatan Kepanjen.
Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat :
Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor terletak di Kecamatan Cibinong. Kabupaten Bogor terdiri dari 40 kecamatan, 416 desa, 19 kelurahan, 15.541 RT dan 4.460 RW. Perekonomian sebagian masyarakat Kabupaten Bogor telah bergeser dari pertanian kehutanan dan perikanan ke kategori ekonomi lainnya. Sumbangan terbesar pada tahun 2017 dihasilkan oleh industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor, konstruksi, serta pertanian, kehutanan dan perikanan.
Kesimpulan :
1. Penguatan BUM Desa adalah tidak hanya semata-mata terhadap penguatan BUM Desa yang sedang dalam tahap ritisan dan/tahap Bentukan dan tahap Berkembang, tetapi terhadap BUM Desa yang telah maju.
2. Analisis klaster tentang kategori BUM Desa dengan dikomparasi dengan menggunakan Indeks Komposit, hasilnya saling mendukung.
3. Karakteristik BUM Desa tidak dapat digeneralisasi, karena sangat kondisional dan situasional, bergantung pada 4 karakter dimensi yang telah ditentukan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Strategi Intervensi Penguatan Badan Usaha Milik Desa, Tahun 2019.
No. Panggil
R.5.A.55.
Penerbit Puslitbang, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
145 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this