Image of Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Pertanian Pangan (Studi Kasus Kecamatan Gajah Kabupaten Demak) Tahun 2019.

Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Pertanian Pangan (Studi Kasus Kecamatan Gajah Kabupaten Demak) Tahun 2019.



BUM Desa Sebagai Penggerak Ekonomi Lokal :
Dasar Pendirian BUM Desa menurut UU Tentang Desa No.6 Tahun 2014 merupakan Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.
Pendirian BUM Desa tidak hanya dikenal sejak UU Desa, Undang-undang terdahulu yaitu UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah telah memperkenalkan entitas BUM Desa jauh sebelum UU Desa dilahirkan. Pada pasal 213 (1) UU No.32 Tahun 2004, menyebutkan bahwa Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kerjasama Antar Desa di BUM Desa Bersama Lawu Sejahtera :
BUM Desa bersama Lawu Sejahtera didirikan pada tanggal 27 Juni 2017 berdasarkan Musyawarah Antar Desa (MAD) yang melibatkan 15 Desa di 5 Kecamatan pada tanggal 20 Juni 2017 dan di sahkan dengan Permakades No.5 Tahun 2017.
BUM Desa Bersama Lawu Sejahtera sebagai lembaga antar desa yang menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi, yang didirikan dengan tujuan untuk :
1. Mengembangkan potensi perekonomian di kawasan perdesaan untuk mendorong tumbuhnya usaha ekonomi masyarakat Desa secara keseluruhan dalam rangka pengentasan kemiskinan.
2. Mewadai pelaku ekonomi Desa di Kawasan Pertanian Terpadu/Agropolitan secara organik dalam usaha bersama yang produktif.
3. Melindungi masyarakat desa di Kawasan Beras Organik Lereng Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar dari mata rantai perdagangan yang tidak sehat dan tidak berpihak pada masyarakat desa.
Pengembangan BUM Desa Pertanian :
Produk Unggulan Kecamatan Gajah, menggambarkan kemampuan daerah menghasilkan produk, menciptakan nilai, memanfaatkan sumberdaya secara nyata, memberi kesempatan kerja, mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah, memiliki prosfek untuk meningkatkan produktivitas dan investasinya. Produksi Padi menjadi produksi tertinggi di kecamatan gajah dimana pada tahun 2018 produksi mencapai 45 ribu Ton.
Desa Banjarsari mempunyai luas total sebesar 4,18 km2 atau setara dengan 8,74% dari keseluruhan wilayah di Kecamatan Gajah. Sebagian besar luas tanahnya dipergunakan untuk tanah sawah sebesar 330,785 Ha yang dikelola dengan sistem pengairan teknis serta sawah kering seluas 87,40 Ha.
Kelayakan pengembangan potensi padi sebagai komoditas unggulan di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak dapat dilihat dari jumlah produksi padi yang merupakan produksi tertinggi di Kecamatan Gajah, dengan hasil 45 ribu ton per tahun.
Selain itu berdasarkan Potensi Desa tahun 2018 dari 18 Desa yang ada di Podes 100 persen berpenghasilan utama di sektor pertanian. Sedangkan untuk komoditas unggulan dimana 17 dari 18 Desa tersebut memiliki produk unggulan padi.
Sehingga pengembangan BUM Desa pertanian pangan di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak yang disarankan adalah dengan mengikuti proses Value Coalitions yang dapat dilakukan di desa Banjar maupun di sekitar wilayah desa tersebut sebagai berikut :
BUM Desa, Desa Kedondong memfokuskan usahanya pada jasa persewaan mesin alsintan (Rice Transplanter, Hand Tractors, Combine Harvester), BUM Desa Mlatiharjo berperan sebagai penyedia bibit unggul, BUM Desa Tambirejo sebagai penyalur saprodi (Pupuk, Pestisida, Sarpras Pertanian), Sedangkan Bum Desa Banjarsari bergerak di bidang penggilingan dan pergudangan beras.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Pengembangan Badan Usaha Milik Desa, Pertanian Pangan (Studi Kasus Kecamatan Gajah Kabupaten Demak) Tahun 2019.
No. Panggil
R.5.A.54.
Penerbit Puslitbang, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
77 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this