Image of Model Pengembangan Desa Digital, Tahun 2019.

Model Pengembangan Desa Digital, Tahun 2019.



Potret Digitalisasi Desa :
Sistem informasi desa mulai dibangun tahun 2016 dengan adanya arahan Bupati Badung, kemudian dikembangkan tahun 2017 dengan kerjasama pihak pihak konsultan bidang Teknologi Informasi dan memulai menyediakan fitur-fitur dalam pelayanan publik kepada masyarakat desa secara cepat.
Digitalisasi desa Punggul mempunyai kelompok Masyarakat Informasi (KIM) yang dilatih dengan Bintek dalam rangka mengembang pengetahuan dan keterampilan masyarakat, Informasi desa harus valid, dapat dipertanggung jawabkan dan update dalam berita informasi yang baru.
Digitalisasi desa Punggul dijadikan desa wisata edukasi desa digital Punggul dengan adanya kunjungan desa-desa lain berasal dari Bali maupun luar Bali melakukan literasi digitalisasi desa.
Pengembangan Desa Digital :
Digitalisasi desa Beraban, dikembangkan dengan literasi desa melalui sinergi antara perencanaan desa pemerintahan dan desa ada (pak raman) memberikan peningkatan kapasitas masyarakat desa dengan senergi perencanaan.
Pengembangan desa digital belum membuat maturity digital desa, tetapi dibuat berdasarkan hak desa dalam memperoleh sistem informasi desa sesuai UU desa Nomor 6 Tahun 2014, sebagai pemenuhan pelayanan publik dalam kerangka capaian e-government local village. Untuk model pengembangan desa digital dengan data dan informasi berbasis indikator capaian SDGs Desa, perlu disepakati pembuatan metadatalokalistik supaya desa dalam pembangunan desa mempunyai kontribusi input indikator capaian SDGs.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Model Pengembangan Desa Digital, Tahun 2019.
No. Panggil
R.5.A.53.
Penerbit Puslitbang, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
199 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this