Image of Implementasi Model KKN Tematik Desa Membangun, Tahun 2019.

Implementasi Model KKN Tematik Desa Membangun, Tahun 2019.



Latar Belakang :
Berdasarkan Statistik Indonesia (BPS 2019) dengan jumlah desa sebanyak 73.707 (dari total 83.706 desa/kelurahan/UPT), Kemendesa, PDT dan Transmigrasi mengeluarkan Indeks Desa Membangun yang memperlihatkan sebanyak 33.592 desa merupakan desa tertinggal, dan 13.453 desa sangat tertinggal.
Angka tersebut memperlihatkan bahwa masih banyak desa dengan status tertinggal dan sangat tertinggal, yaitu sekitar 47 ribu desa.
Tujuan :
Pelaksanaan kegiatan Inplementasi KKN Tematik Desa Membangun bertujuan untuk mengembangkan model kelembagaan kolaborasi implementasi KKN Tematik Desa Membangun serta melaksanakan pembekalan materi KKN Tematik Desa Membangun pada pelaksanaan Program KKN reguler.
Desain Model Kelembagaan Kolaborasi :
Pengembangan model kolaborasi dalam penyelenggaraan KKN Tematik Desa Membangun bertujuan untuk merumuskan kelembagaan kolaborasi antara Kemendesa PDTT, Perguruan Tinggi, dan Desa dalam pelaksanaan KKN Tematik Desa Membangun.
KKN Tematik Desa Membangun :
Pendekatan desa membangun dipahami sebagai pendekatan yang berorientasi pada keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa. Nilai-nilai kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, musyawarah, demokrasi, kemandirian, partisipasi dan keberlanjutan sangat menonjol. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan pengembangan aspek kepekaan yang berorientasi kemasyarakata dalam hal dilaksanakan di luar kampu dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu.
Pihak-Pihak Yang Bekerja Sama Dalam Penyelenggaraan KKN Tematik Desa Membangun :
Penyelenggaraan KKN Tematik Desa Membangun merupakan kerja sama para pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KKN Tematik Desa Membangun minimal meliputi : Kemendesa PDTT, Perguruan Tinggi, dan Pemerintah Desa.
Implementasi Model Kolaborasi :
Untuk mengimplementasikan Model KKN Tematik Desa Membangun telah disusun sistem kerja yang dapat digunakan sebagai acuan dalam mengoperasionalkan Model KKN Tematik Desa Membangun. Sistem kerja dimaksud dituangkan dalam bentuk model kolaborasi yang menggambarkan mekanisme pelaksanaan KKN Tematik Desa Membangun pada tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.
Implementasi Model KKN Tematik Desa Membangun pada studi ini masih dibatasi pada tahap persiapan, khususnya pada pelaksanaan kuliah pembekalan KKN. Implementasi dilaksanakan melalui kolaborasi antara Puslitbang Kemendesa PDTT dengan Perguruan Tinggi (UNHAS dan UNDANA). kolaborasi terlaksana dengan dukungan sumberdaya dari masing-masing pihak.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Implementasi Model KKN Tematik Desa Membangun, Tahun 2019.
No. Panggil
R.5.A.52.
Penerbit Puslitbang, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
307.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
102 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this