Image of Data dan Informasi Membangun Daerah Bersama Transmigrasi, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019.

Data dan Informasi Membangun Daerah Bersama Transmigrasi, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019.



Jumlah dan Kepadatan Penduduk Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat : Jumlah penduduk mencapai 4.955.578, terdiri dari Laki-Laki sebanyak 2.405.080 orang, dan Perempuan sebanyak 2.550.498 orang.
Luas wilayah : Kabupaten Bima dengan luas wilayah mencapai 4.394,38 Km2, merupakan kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Sumbawa yang memiliki luas mencapai 6.643,98 Km2.
Secara keseluruhan desa eks permukiman transmigrasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat mencapai 33 desa yang tersebar di 6 kabupaten dari 8 di kabupaten yang ada.
Jumlah desa eks transmigrasi di Kabupaten Bima mencapai 12 desa eks permukiman transmigrasi, dari sejumlah 192 desa yang berada di kabupaten Bima.
Jumlah dan Jenis Fasilitas Pendidikan di Kabupaten Bima adalah : Sekolah Dasar (SD) sebanyak 34 unit, SLTP sebanyak 17 unit, SLTA sebanyak 7 unit.
Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Bima adalah : Posyandu, Puskesmas, Klinik Kesehatan, Rumah Sakit, Bidan, dan Dokter.
Lembaga Ekonomi di Kabupaten Bima adalah : Pasar semi permanen, Pasar tanpa bangunan, dan Toko/Warung kelontong.
Kisah Transmigran Sukses di Kabupaten Bima : Desa Mpuri, Kecamatan Mada Pangga, Kabupaten Bima, Penempatan awal lokasi ini pada tahun 2003 dengan transmigran yang berasal dari penduduk setempat sebanyak 200 KK yaitu dari kabupaten Bima khususnya hingga dari kota Mataram.
Transmigran yang sudah sukses yaitu bapak Imran yang berasal dari kabupaten Bima, mempunyai 6 orang anak, bapak Imran telah berhasil menyekolahkan anak-anaknya, hingga sudah ada yang menjadi sarjana dan bekerja sebagai guru, mempunyai usaha ternak ayam.
Desa Oi Saro, Transmigran yang sudah sukses yaitu Sifaiyah dan suaminya Mosa yang berasal dari Lombok Timur, bersama keempat anaknya mengikuti program transmigrasi yang ditempatkan di lokasi transmigrasi UPT Piong, yang sekarang menjadi desa Oi Saro.
Bapak Mado yang bekerja sebagai petani menanam Jagung, Sayur-sayuran, dan Kacang-kacangan dan ternak sapi dan ayam, telah berhasil dan hingga kini memiliki rumah permanen, dimana di halaman depan rumahnya didirikan bengunan tempat posyandu sebagai kegiatan bersosialisasi ibu-ibu desa Oi Saro.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Data dan Informasi Membangun Daerah Bersama Transmigrasi, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019.
No. Panggil
R.4.E.5.
Penerbit Pusdatin, Balilatfo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
Buku
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7773-04-7
Klasifikasi
307.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
29 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this